Cara Menggambar Flow Diagram di Visio 2016 untuk Teknik Kimia

Pendahuluan

Visio 2016 adalah salah satu software yang sangat berguna bagi para insinyur dan teknisi dalam membuat diagram, termasuk flow diagram untuk teknik kimia. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menggambar flow diagram di Visio 2016 untuk teknik kimia.

Langkah-langkah Menggambar Flow Diagram di Visio 2016 untuk Teknik Kimia

Langkah 1: Buka Visio 2016

Pertama, buka Visio 2016 di komputer Anda. Setelah Visio 2016 terbuka, pilih “Flowchart” di daftar pilihan diagram.

Langkah 2: Pilih Template Flow Diagram

Setelah memilih “Flowchart”, pilih salah satu dari template flow diagram yang tersedia. Pilih template yang sesuai dengan kebutuhan teknik kimia yang Anda miliki.

Langkah 3: Tambahkan Bentuk-bentuk Dasar

Setelah memilih template, mulailah menambahkan bentuk-bentuk dasar dari flow diagram Anda. Bentuk dasar dapat berupa kotak, lingkaran, atau bentuk-bentuk lain yang sesuai dengan kebutuhan teknik kimia.

Langkah 4: Tambahkan Teks pada Setiap Bentuk

Setelah menambahkan bentuk-bentuk dasar, tambahkan teks pada setiap bentuk. Pastikan teks tersebut menjelaskan aliran proses pada flow diagram dan mudah dipahami oleh para pembaca.

Langkah 5: Sambungkan Bentuk-bentuk dengan Garis

Setelah menambahkan bentuk dan teks, sambungkan bentuk-bentuk tersebut dengan garis. Pastikan garis-garis tersebut mengikuti aliran proses pada flow diagram.

Langkah 6: Tambahkan Simbol dan Ikon yang Diperlukan

Untuk menambahkan detail pada flow diagram, tambahkan simbol dan ikon yang diperlukan pada diagram. Simbol dan ikon tersebut dapat berupa panah, titik, atau simbol lainnya yang sesuai dengan kebutuhan teknik kimia.

Langkah 7: Beri Warna dan Gaya pada Flow Diagram

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, berikan warna dan gaya pada flow diagram Anda. Pastikan flow diagram tersebut mudah dibaca dan menarik bagi para pembaca.

Kesimpulan

Menggambar flow diagram di Visio 2016 untuk teknik kimia dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang cukup sederhana. Dengan memperhatikan langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat flow diagram yang mudah dipahami dan menarik bagi para pembaca.

FAQ

1. Apa itu flow diagram?

Flow diagram adalah diagram yang menunjukkan aliran proses pada sebuah sistem atau prosedur.

2. Apa kegunaan dari flow diagram?

Flow diagram digunakan untuk memudahkan pemahaman aliran proses pada sebuah sistem atau prosedur.

3. Apa saja bentuk dasar yang digunakan pada flow diagram?

Bentuk dasar yang digunakan pada flow diagram antara lain kotak, lingkaran, dan bentuk-bentuk lainnya yang sesuai dengan kebutuhan teknik kimia.

4. Apa yang dimaksud dengan simbol dan ikon pada flow diagram?

Simbol dan ikon pada flow diagram digunakan untuk menambahkan detail pada diagram dan memperjelas aliran proses pada sebuah sistem atau prosedur.

5. Apa manfaat dari menggunakan Visio 2016 dalam menggambar flow diagram?

Visio 2016 dapat membantu para insinyur dan teknisi dalam membuat flow diagram yang mudah dipahami dan menarik bagi para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *